Home BERITA Ahok Batal Hadir di Sidang Buni Yani, Pengacara: Tempat Sidang Terlalu Jauh

Ahok Batal Hadir di Sidang Buni Yani, Pengacara: Tempat Sidang Terlalu Jauh

SHARE
Terdakwa ujaran kebencian, Buni Yani (Tomi Aprianto/Kriminalitas.com).

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Terpidana kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok batal hadir dalam sidang perkara yang menyeret Buni Yani di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017).

Pengacara Ahok, I Wayan Sudirta sadar ketidakhadiran kliennya adalah karena faktor keamanan, mengingat tidak sedikit massa yang menolak Ahok.

Selain itu, katanya, sudah ada aturan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang memungkinkan Ahok batal hadir.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 116 KUHAP, saksi yang berjarak jauh dari tempat sidang tidak perlu dihadirkan. Dilanjut dengan Pasal 162, saksi yang tidak bisa hadir di persidangan cukup dibacakan berita acara pemeriksaan (BAP).

“Waktu KUHAP dibuat sudah diperhitungkan, bahwa kalau saksi jauh tidak perlu dihadirkan. Menghadirkan saksi antarprovinsi kan juga membutuhkan biaya negara,” kata Wayan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Diketahui Ahok sedang menjalani masa penahanan di Rutan Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Sedangkan sidang Buni Yani digelar di Bandung, Jawa Barat.

Jarak antar dua kota ini terbilang jauh. Tentunya kehadiran Ahok dalam persidangan membutuhkan waktu tidak sebentar.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here