Home BERITA Aksi 121 di Surabaya Ricuh, Mahasiswa dan Polisi Saling Serang

Aksi 121 di Surabaya Ricuh, Mahasiswa dan Polisi Saling Serang

SHARE
Mahasiswa dan polisi saling serang saat aksi 121. (Budi/Kriminalitas.com).

KRIMINALITAS.COM, Surabaya – Aksi bela rakyat yang dilakukan mahasiswa di depan Gedung DPRD Jawa Timur berlangsung ricuh. Seorang mahasiswa dicekik dan diamankan lantaran diduga sebagai provokator yang mengajak mahasiswa lainnya untuk menerobos penjagaan polisi.

Bahkan, saat ditangkap, mahasiswa tersebut masih berusaha melawan dengan melemparkan megaphone (toa) ke arah polisi. Selain itu, di tempat yang sama, ratusan mahasiswa lainnya masih terlibat aksi dorong dan saling pukul.

Kericuhan yang berlangsung sekitar 10 menit itu bermula dari ratusan mahasiswa yang berusaha masuk Gedung DPRD Jatim untuk menyampaikan aspirasinya. Namun, mereka diadang oleh puluhan polisi hingga terjadi aksi dorong.

Lantaran sama-sama emosi, seorang petugas polisi sempat mencekik mahasiswa hingga kericuhan tak bisa dihindari.

Diketahui, ratusan mahasiswa dari beberapa universitas asal Jawa Timur melakukan aksi bela rakyat yang menyoroti kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro rakyat.

“Negara sedang ada masalah. Sampai saat ini jumlah pengangguran banyak tapi tenaga asing marak, diperparah, di awal tahun kita dapat kado spesial, yakni dicabutnya subsidi 900 VA, golongan itu kan untuk masyarakat kecil,” ungkap salah satu peserta aksi dalam orasinya,” Kamis (12/1/2017).

Mahasiswa yang tergabung dalam BEM seluruh Indonesia ini juga menyoroti masalah kenaikan BBM bersubsidi dan kenaikan PNBP kendaraan beromotor. “Dan yang perlu diingat. Janji Jokowi saat kampanye dua jari, ternyata palsu,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Budi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here