Home BERITA Aksi Ahokers di Luar Negeri Buntut Pelintiran Berita Internasional

Aksi Ahokers di Luar Negeri Buntut Pelintiran Berita Internasional

SHARE
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok. (Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Sosiolog dari Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar menilai kalau Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri termakan pemberitaan media internasional tentang vonis Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menurutnya, media internasional telah salah paham memberitakan informasi seputar Ahok. Mereka menduga kalau kekalahan dan vonisnya dikarenakan etnis dan agamanya yang minoritas.

“Media internasional itu menyebutkan Ahok dihukum karena Cina dan Kristen. Begitu juga Ahok dikalahkan dalam Pilkada karena Cina dan Kristen, jadi pasti mengundang simpati dari mana-mana,” kata Sosiolog Musni Umar kepada Kriminalitas.com, Minggu (14/5/2017).

Karena salah kaprah itu, WNI di luar negeri pun beranggapan kalau Pemerintah Indonesia tidak adil. Alhasil, mereka ikut-ikutan menggelar aksi simpatik meski tidak tahu pasti apa duduk perkaranya.

“Karena ini akibat berbagai kejadian yang terjadi belakangan ini, dimana orang-orang dari kalangan minoritas merasa bahwa Ahok tidak diberlakukan dengan adil,” ujarnya.

Atas faktor itulah, suami Veronica Tan ini menjadi mendapat banyak dukungan dimana-mana. “Jadi wajar saja kalau banyak dukungan. Karena memang ya penduduk Indonesia yang ada di luar negeri itu banyak sekali dari kalangan Ahok,” pungkasnya.

Sebelumnya, ratusan WNI yang tinggal di Los Angeles akan menyalakan lilin di Hongkong Plaza, 989 Glendora Avenue West Covina. Aksi yang digelar pada Sabtu (13/5/2017) ini akan diselingi dengan doa bersama demi keamanan dan toleransi di Tanah Air.

Hari ini, acara serupa juga digelar di Bonn, Jerman dengan tajuk di Hofgarte-Bonn Uni. Acara bertajuk ‘Nyalakan 1000 lilin untuk Indonesia dari Bonn’ ini bertujuan agar NKRI tidak terpecah belah dan tetap memperhatikan kesatuan dan kebangsaan Indonesia.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Regina Nabila and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here