Home BERITA Alasan Pembubaran HTI Tak Jelas, Yusril Bakal Gugat Pemerintah ke PTUN

Alasan Pembubaran HTI Tak Jelas, Yusril Bakal Gugat Pemerintah ke PTUN

SHARE
KBH_02
Yusril Ihza Mahendra
(Kiki BH/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Selain menempuh perlawanan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Kuasa Hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Yusril Ihza Mahendra juga bakal melakukan gugatan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Hal itu setelah pihaknya membaca fotokopian surat salinan pencabutan badan hukum dan pembubaran HTI oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di notaris yang mengurusi perizinan ketika HTI ingin membuat badan hukum Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

‎”Jadi kami akan lawan di PTUN dan akan terlihat seperti apa jawaban Kemenkumham,” kata ‎Yusril di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Dengan tegas, ia mengklaim pihaknya sudah memiliki argumentasi yang kuat untuk mematahkan keputusan pemerintah yang telah membubarkan HTI.

Sebab, menurutnya, setiap keputusan yang diambil pemerintah harus dijelaskan secara rinci landasan hukumnya.

‎”Katanya landasan itu boleh dikesampingkan kalau ada penjelasan dari pemerintah. Sayangnya, penjelasan Pemerintah simpang siur. Penjelasan Menkopolhukam lain, Presiden lain, Kemendagri lain, simpang siur penjelasannya,” kritiknya.

“Makanya kami serahkan ke PTUN untuk menilai apakah SK pencabutan status badan hukum HTI sah atau tidak. Kami akan uji di pengadilan,” ucapnya.

Sebelumnya, ‎Yusril menyebut dalam surat pembubaran HTI tidak dijelaskan secara rinci alasan pembubaran. ‎Selain itu, Pasal yang digunakan untuk pembubaran HTI dalam surat itu juga tidak spesifik.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here