Home BERITA Bacakan Pledoi, Irman Jabarkan Manfaat e-KTP yang Ia Kerjakan

Bacakan Pledoi, Irman Jabarkan Manfaat e-KTP yang Ia Kerjakan

SHARE
Suasana ruang sidang korupsi e-KTP dengan agenda Pleidoi dua terdakwa, Irman dan Sugiharto. (Diki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Dalam pembacaan pledoinya, terdakwa kasus e-KTP Irman menyampaikan prestasi dan pencapaiannya dalam proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun selama menjabat sebagai Plt Dirjen Disdukcapil Kemendagri.

“Di akhir masa jabatan saya, sudah 50 lembaga yang memaparkan data e-KTP secara online dengan Kemendagri. Seperti KPU dan KPUD telah memanfaatkan e-KTP menyukseskan pemilu dan pilkada,” terang Irman dalam nota pembelaannya di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

“Kemudian BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, BCA Korlantas telah memanfaatkan e-KTP. Begitu pun dengan Komisi Yudisial dan Bareskrim,” lanjut Irman.

Selain itu, ia juga memaparkan perkembangan hasil e-KTP selama ia menjabat. Berdasarkan pemaparannya, jumlah penduduk sekitar 269 juta jiwa telah mendapatkan e-KTP sebanyak 182.588.494 jiwa dengan data yang telah terekam dengan 173.030.119 jiwa.

Ia juga mengklaim kesuksesannya dalam merealisasikan e-KTP sangat membantu kinerja instansi lain.

“Data e-KTP yang telah dilengkapi dengan rekaman sidik jari dan iris mata validasinya sangat terjamin, 173 juta lebih (yang telah terekam) menjadi pondasi yang sangat kuat dalam pendataan dan menghindari tindak kriminalitas di Indonesia,” tegasnya.

Tak sampai di situ, dalam pembelaannya, ia mengaku kerap berdoa hingga larut malam agar pekerjaannya dalam membuat KTP berbasis elektronik terealisasikan sepenuhnya.

“Saya secara pribadi, setiap malam dan sehabis salat berdoa dan secara periodik berdoa dengan anak yatim di kantor dan di kediaman untuk menyukseskan e-KTP,” tutup terdakwa Irman.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here