Home BERITA Badan Pengawas Senjata Temukan Gas Sarin dalam Serangan Kimia di Suriah

Badan Pengawas Senjata Temukan Gas Sarin dalam Serangan Kimia di Suriah

SHARE
Seorang balita dirawat usai terpapar gas beracun di Suriah
(CNN)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Petugas badan pengawas senjata global akhirnya mendapatkan hasil pemeriksaan terkait serangan senjata kimia di Khan Sheikhun, Suriah pada 4 April 2017 lalu.

Dilansir dari AFP, Kamis (20/4/2017), kepala badan pengawas senjata global menegaskan bahwa adanya penggunaan gas sarin atau zat serupa dalam serangan itu.

Ketua Prohibition of Chemical Weapons (OPCW), Ahmet Uzumcu menuturkan, hal ini diketahui setelah petugas menguji sampel dari 10 korban di empat laboratorium. Hasilnya, korban terpapar sarin atau zat serupa.

“Sampel diambil dari tiga orang yang tewas dalam serangan tersebut dan dianalisis di dua laboratorium yang ditunjuk OPCW,” kata Uzumcu.

Uzumcu menambahkan, tim juga memerika satu set sampel biomedi dari tujuh korban lainnya. Sampel itu dianalisa di dua laboratorium lainnya.

“Rincian lebih lanjut dari analisis laboratorium akan menyusul kemudian, namun hasil analisis yang sudah diperoleh tidak terbantahkan,” imbuhnya.

Lebih lanjjy, Uzumcu menuturkan, jika situasi dan kondisi memungkinkan, pihaknya akan menerjunkan tim pencari fakta ke Khan Sheikhun.

“Tim itu akan melakukan wawancara dan mengumpulkan sampel,” tutupnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and SAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here