Home BERITA Bagaimana Mengetahui Keaslian Batu Mulia?

Bagaimana Mengetahui Keaslian Batu Mulia?

SHARE
Foto ilustrasi batu mulia. (spokesjewelry.com)

PERLU diketahui bahwa saat ini ada berbagai macam batu mulia yang beredar di pasaran, yaitu jenis natural, sintetis, rekayasa, dan imitasi. Ini menjadi penting untuk diketahui agar Anda tidak tertipu dengan keaslian batu mulia yang Anda beli.

Batu natural adalah batu permata hasil pembentukan secara alami, sedangkan jenis sintetis adalah batu permata yang sengaja dibuat di laboratorium dengan bantuan teknologi.

Sementara yang dimaksud rekayasa adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperindah batu permata guna meningkatkan kualitasnya. Dan yang terakhir adalah imitasi, yaitu permata yang sengaja dibuat menyerupai aslinya, umumnya dalam hal warna.

Lalu, bagaimana Anda bisa mengetahui batu permata itu asli atau tidak? Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan cara menempelkan batu tersebut ke pipi. Jika terasa dingin, ini bisa jadi salah satu ciri bahwa batu permata tersebut memang asli.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui keaslian batu permata dengan cara menimbangnya. Orang yang sudah terbiasa memegang batu mulia asli bisa merasakan batu tersebut terasa lebih berat dari ukurannya. Namun jika terasa lebih ringan dari ukurannya, bisa jadi itu adalah batu permata palsu.

Sampai di sini, kami akan kenalkan Anda pada jenis batu yang menawan, namanya Paraiba Tourmaline: Berkenalan dengan ‘Paraiba Tourmaline’

Shaheen Nazir/Dok. Pribadi

Shaheen Nazir
Pakar Batu Mulia, Alumnus German Gemological Institute (GGI/1993) dan Gemological Institute of America (GIA Bangkok/2012).

 

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Advertorial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here