Home BERITA Batu Mulia, Eksotime yang Terpendam

Batu Mulia, Eksotime yang Terpendam

SHARE
Foto ilustrasi batu mulia. (Mygemologist.com)

TAK bisa disangkal, batu mulia adalah keindahan yang menawarkan pesona tak terkira bagi para penghobi atau penggemarnya. Kelangkaan dan keeksotisan batu mulia atau permata ini bahkan diyakini mampu menunjukkan ‘kelas’ bagi para pemakainya.

Harga yang selangit seperti tak mengendorkan minat para kolektor batu mulia untuk terus memburunya demi kepuasan yang tak bisa dinilai dengan segepok uang.

Namun untuk bisa memiliki barang berkelas tersebut, tentu diperlukan kehati-hatian dan keahlian guna memastikan batu mulia yang dibeli adalah batu mulia asli, bukan barang ‘aspal’ sehingga sebanding dengan harga yang harus dibayarkan.

Namun sebelumnya, ada baiknya jika kita mengetahui hal ihwal tentang batu mulia atau permata tersebut. Batu permata adalah sebuah mineral atau batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa unsur kimia tertentu.

Sebuah batu bisa disebut permata apabila memenuhi beberapa syarat, antara lain karena ketahanan, keindahan, dan kelangkaannya.

Namun, tidak semua tempat menghasilkan batu permata. Indonesia termasuk negara yang beruntung karena banyak daerah yang menghasilkan berbagai batu permata yang diminati para kolektor karena keunikannya.

Beberapa di antaranya adalah Pulau Kalimantan dengan jenis batu Kecubung (Amethys) dan Intan (berlian). Sementara di Aceh dan Padang ditemukan jenis batu Idocrase, Banten ada batu Kalimaya, dan di Lampung ditemukan jenis batu Anggur dan Cempaka.

Sampai di sini, sudah siapkah Anda ‘berburu’ batu mulia? Pelajari dulu agar tidak mudah tertipu: Bagaimana Mengetahui Keaslian Batu Mulia?

Shaheen Nazir/Dok. Pribadi

Shaheen Nazir
Pakar Batu Mulia, Alumnus German Gemological Institute (GGI/1993) dan Gemological Institute of America (GIA Bangkok/2012).

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Advertorial and Rizky Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here