Home BERITA Beda dengan Anak Buahnya, Direktur Sandipala Ngaku Rugi Garap Proyek E-KTP

Beda dengan Anak Buahnya, Direktur Sandipala Ngaku Rugi Garap Proyek E-KTP

SHARE
Sidang E-KTP, saksi memberikan keterangan lewat telekonferensi (Diki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Direktur PT Sandipala Arthaputra, Paulus Tannos mengaku perusahaannya rugi saat menggarap proyek e-KTP yang dilakukannya di bawah naungan konsorsium PNRI.

Kerugian tersebut diakunya dilatarbelakangi oleh penurunan jumlah keping e-KTP yang digarap Sandipala yang diputuskan melalui rapat Kemendagri.

Dari kontrak awal, Sandipala ditugaskan untuk menggarap 103 juta keping e-KTP, namun diturunkan menjadi 46 juta keping.

“Kalau kami hitung dengan investasi yang dikeluarkan Sandipala, mesin yang dibeli untuk mencetak 172 juta kartu, maka dengan diturunkan kami rugi Yang Mulia” kata Paulus di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Ia mengatakan, untuk menggarap 103 juta keping e-KTP, pihaknya harus merogoh kocek sekitar Rp 200 miliar untuk membeli perlengkapan percetakan.

“Saya kira kan ada uang muka atau DP diproyek awal, tapi ternyata tidak ada. Mau tidak mau modal sendiri. Mesin sudah banyak, produksi malah diturunkan,,” jelasnya.

Kendati demikian, seakan tak puas dengan pernyataan Paulus, majelis hakim kembali mempertanyakan perihal kerugian yang didapat Sandipala.

“Mesin-mesin itu kalau diuangkan bisa kan? Atau kalau dijual atau lelang ke negara bisa?” tanya hakim.

“Bisa yang mulia,” jawabnya.

Hal tersebut bertolak belakang dengan keterangan anak buahnya, Fajri Agus Setiawan. Ia mengatakan perusahaanya meraup untung hingga Rp 145,8 miliar. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan anggota konsorsium lain seperti PNRI yang hanya meraup untung Rp 107 miliar.

Namun demikian, keuntungan keuntungan tersebut berbanding terbalik dengan jumlah produksi e-KTP. Awal tahun pembuatan, yakni 2011 konsorsium mampu mencetak sebanyak 67 juta keping, sedangkan di tahun 2012 hanya mampu mencetak 1.6 juta keping.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here