Home BERITA Bentrok dengan Militer AS, Pemimpin ISIS Afghanistan Dipastikan Tewas

Bentrok dengan Militer AS, Pemimpin ISIS Afghanistan Dipastikan Tewas

SHARE
Bendera ISIS
(Reuters)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Kelompok radikal ISIS kembali kehilangan salah satu pemimpinnya. Setelah Pemimpin Besar Abu Bakr al-Baghdadi dipastikan tewas dalam sebuah serangan di Raqqa, Suriah, baru-baru ini Pemimpin ISIS di Afghanistan, Abu Sayed, dikabarkan tewas.

Kabar tewasnya Abu Sayed dirilis pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS), pada hari Jumat (14/7/2017) silam. Menurut kabar tersebut, Abu Sayed tewas dalam sebuah bentrokan bersenjata antara tentara Amerika Serikat dan para militan ISIS di Provinsi Kunar, Afghanistan.

“Keuntungan dari peristiwa ini adalah, ISIS akan mengalami kemunduran apabila mereka kehilangan pemimpinnya,” ujar Sekretaris Departemen Pertahanan AS, Jim Mattis, seperti dikutip dari Reuters.

“Ini adalah sebuah kemenangan bagi pihak kami dan kekalahan bagi mereka. Kita tengah berada di jalur yang tepat,” sambungnya lagi.

Sejak Juli 2016 sampai saat ini, ISIS telah kehilangan tiga pemimpinnya di Afghanistan. Abdul Hasib tewas dalam sebuah serangan yang dilancarkan pasukan gabungan AS dan Afghanistan pada 27 April 2017 di provinsi Nangarhar.

Pasukan koalisi AS-Afghanistan juga menewaskan Hafiz Said Khan, pemimpin ISIS sebelum Abdul Hasib. Hafiz Said Khan tewas dalam sebuah serangan drone (pesawat nirawak) pada tahun 2016 silam.

Sebelumnya, ISIS juga telah kehilangan pemimpin besarnya, yaitu Abu Bakr al-Baghdadi. Menurut kabar yang dirilis badan kemanusiaan Syrian Observatory for Human Rights, al-Baghdadi tewas di Raqqa, Suriah beberapa waktu lalu, dalam sebuah serangan yang dilancarkan angkatan udara Rusia.

Tak hanya itu, militan ISIS juga sudah dikalahkan oleh pasukan koalisi Irak dan harus melarikan diri dari kota Mosul. Sampai saat ini, militan ISIS diprediksi telah melarikan diri ke kota-kota di sekitar Mosul.

Para militan asing ISIS juga dikabarkan memilih untuk pulang ke negaranya masing-masing untuk melanjutkan aksinya di sana.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here