Home BERITA Ciptakan Rekor, Australia Sita Kokain Seberat 1,1 Juta Ton

Ciptakan Rekor, Australia Sita Kokain Seberat 1,1 Juta Ton

SHARE
Ilustrasi (NET)
Ilustrasi (NET)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Setelah Filipina memecahkan rekor usai mengungkap methamphetamine seberat lebih dari setengah ton, kini giliran otoritas Australia yang melakukan penyitaan narkoba dalam jumlah besar.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (29/12/2016), Kepolisian Australia telah berhasil menyita kokain seberat 1,1 juta ton. Menurut otoritas setempat, kokain tersebut diperkirakan memiliki nilai sekitar US$260 juta atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Menurut keterangan kepolisian Australia, kokain seberat 1,1 juta ton tersebut disita dalam dua operasi terpisah yang dilaksanakan pada hari Natal sepekan silam. Penyitaan pertama dilakukan oleh Angkatan Laut Tahiti yang merampas 600 kilogram kokain.

Penyitaan kedua diakukan oleh operasi gabungan yang dilakukan di Sydney. Dalam operasi tersebut, petugas menyita 500 kilogram kokain.

“Jumlah narkotik yang berhasil disita secara kolektif ini merupakan yang terbesar dalam sejarah penegakkan hukum Australia,” ungkap Komisaris Kepolisian Federal Australia, Chris Sheehan.

Selain menyita kokain, kepolisian juga menangkap 14 warga Australia dan seorang warga negara Selandia Baru, berusia 29 hingga 63 tahun. Kelima belas pelaku tersebut didakwa dengan pelanggaran penyelundupan obat terlarang.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here