Home BERITA ‘Dibela’ Hakim E-KTP, KPK Yakin Penetapan Miryam sebagai Tersangka Sudah Sah

‘Dibela’ Hakim E-KTP, KPK Yakin Penetapan Miryam sebagai Tersangka Sudah Sah

SHARE
Ketua Biro Hukum KPK Setiadi. (Elga/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersikukuh kalau keputusan menetapkan mantan anggota Komisi II DPR Miryam S. Haryani sebagai tersangka pemberi keterangan palsu berdasarkan Pasal 22 UU Tipikor telah sesuai aturan.

“Penetapan status ini sudah berdasarkan dua alat bukti yang cukup,” kata Kepala Biro Hukum KPK, Setiadi usai persidangan praperadilan Miryam di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (18/5/2017).

Setiadi semakin yakin setelah menjalani sidang hari ini, tepatnya saat salah satu Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK yang menangani persidangan e-KTP dihadirkan sebagai saksi fakta.

“Tadi kan saksi JPU KPK bilang bahwa Ketua Majelis hakim persidangan Tipikor sudah menyampaikan silakan pada KPK untuk melakukan tindakan lain. Itu sudah jadi alasan kami,” jelasnya.

Terkait sikap tim kuasa hukum Miryam yang tetap ngotot KPK menyalahi kewenangan, Setiadi tak mempermasalahkannya.

“Itu hak mereka untuk mengingkari apa yang disangkakan KPK. Itu sah-sah saja mereka berkata demikian,” kata dia.

“Tapi kan yang jelas kalau kami bekerja berdasarkan UU 30 tahun 2002 (tentang pemberantasan korupsi) dan juga jelas kalau UU Tipikor mengatur bahwa bila ada dua alat bukti yang cukup ya sudah bisa,” tandasnya.

Sekadar informasi, persidangan praperadilan ini akan dilanjutkan kembali pada Jumat (19/5/2017) esok dengan agenda konklusi atau kesimpulan pada pukul 14.00 WIB.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here