Home BERITA Direktorat Cyber Crime Polri Siap Kerja Sama dengan Badan Siber Nasional

Direktorat Cyber Crime Polri Siap Kerja Sama dengan Badan Siber Nasional

SHARE
Ilustrasi. (NET)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Menyikapi pergerakan informasi yang besar di dunia maya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah mengajukan pembentukan dan peningkatan unit baru dalam susunan keorganisasian di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Untuk pembentukan unit baru itu, nantinya dalam Divisi Humas Polri bakal ada Biro Multimedia. Dari sisi pengembangan organisasi, Subdit Cyber meningkat jadi Direktorat Cyber Crime. Kedua pimpinan dari bagian ini, nantinya diisi seorang perwira tinggi bintang satu.

“Dalam tugasnya, Direktorat Cyber Crime akan melakukan upaya-upaya penegakan hukum dalam kaitan melakukan kegiatan terhadap pelanggaran UU ITE. Biro multimedia dalam kaitan melakukan upaya sosialisasi, pencerahan dan edukasi ke masyarakat bagaimana menggunakan media dengan baik,” kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Martinus Sitompul kepada wartawan, Sabtu (7/1/2017).

Di sisi lain, pemerintah berencana membuat Badan Siber Nasional. Hanya Polri menegaskan, dua unit yang dibentuk nanti tidak tumpang tindih dalam pelaksanaan tugasnya.

“Satu biro dan satu direktorat ini nanti akan bersinergi dengan Badan Siber Nasional yang akan dibentuk. Secara organisasi memang berdiri sendiri, tapi dari sisi operasional akan bersinergi dengan Badan Siber Nasional,” lanjutnya.

Sinergi penting dilakukan agar tujuan pembentukan Badan Siber Nasional, pembentukan Biro Multimedia, Direktorat Cyber Crime bekerja maksimal. Terutama mengurangi hingga mengantisipasi informasi hoax.

“Ini dilakukan dalam upaya mengurangi, mengantisipasi, mencegah berita hoax, perang urat saraf, penyebaran kebencian atas dasar SARA, penghinaan terhadap perorangan, dan pengancaman yang dilakukan melalui media sosial,” tegas Martinus.

Sebagai informasi, pemerintah serius menggodok Badan Siber Nasional. Diperkirakan pembentukannya bisa selesai pada tahun 2017 ini.

Dari sisi Polri, Biro Multimedia, Direktorat Cyber Crime juga akan dibentuk. Hingga kini penggodokannya terus dilakukan dengan menjalin komunikasi dengan Kemenpan RB.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here