Home BERITA DPR: FPI Berhak Menerima Pelatihan Bela Negara

DPR: FPI Berhak Menerima Pelatihan Bela Negara

SHARE
Geger dunia maya foto FPI latihan militer bareng TNI (Instagram @dpp_fpi)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara soal program pelatihan bela negara yang diterima anggota Front Pembela Islam (FPI) di Lebak, Banten.

“Program dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) sudah banyak ormas-ormas yang dilatih bela negara. FPI ini juga berhak mendapat pelatihan bela negara,” kata Dasco kepada Kriminalitas.com, Rabu (11/1/2017).

Menurutnya, setiap ormas di Indonesia memang berhak mendapatkan pelatihan. Apalagi jika anggota maupun ormas itu tidak berurusan dengan persoalan hukum.

“Soal pelatihan bela negara meliputi ormas, apapun itu ormasnya (memang berhak). Apalagi kalau tidak melanggar peraturan yang ada, jangankan FPI ormas lain juga dilatih oleh negara,” lanjutnya.

Namun dalam memberikan pelatihan, Dasco mengingatkan TNI harus melatih sesuai dengan prosedur. Setidaknya ada komunikasi yang dijalin antara pihak militer dengan kementerian.

“Cuma memang prosedur pelaksanaan pelatihan yang ada di Lebak, Banten, apakah Dandim memang ada kewenangan. Karena setahu saya, itu dilakukan oleh Kementerian Pertahanan yang bekerja sama dengan Rindam,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Komando Daerah Militer III Siliwangi, Kolonel Desi Arianto mengatakan, pelatihan itu telah menyalahi prosedur karena Dandim tidak melapor kepada Komandan Korem maupun Panglima Komando Daerah Militer.

Sebelum pencopotan, beredar foto anggota FPI sedang latihan Bela Negara akun Instagram milik salah satu Dewan Pengurus Pusat FPI. Latihan tersebut digelar pada 5-6 Januari 2017 lalu yang diikuti lebih dari 100 orang.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Aristo and Regina Nabila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here