Home BERITA Empat Ormas Segera Susul HTI, Mendagri: Tunggu Tanggal Mainnya

Empat Ormas Segera Susul HTI, Mendagri: Tunggu Tanggal Mainnya

SHARE
Diskusi soal pembubaran ormas. (Diki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Setelah mencabut ijin hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), pemerintah berencana akan kembali membubarkan ormas yang dianggap berseberangan dengan ideologi Pancasila. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberi bocoran soal ormas selanjutnya yang akan ditindak pemerintah.

“Ada sekitar tiga atau empat ormas kecil yang sudah kami pantau selama dua tahun. Kalau sudah cukup bukti akan kami bubarkan,” kata Tjahjo di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Tjahjo tak menjabarkan secara gamblang nama-nama ormas yang hendak dibubarkan. Namun demikian, pihaknya telah memastikan bahwa ormas tersebut ditengarai telah bertentangan dengan Pancasila dan berpaham radikal.

Sejauh ini, Kemendagri juga telah berkomunikasi dengan beberapa instansi untuk menggali lebih dalam tentang ormas-ormas yang akan menyusul HTI.

“Kami masih tunggu masukan dan bukti dari Kejaksaan, BIN, Kepolisian, Kemenkopulhukam, tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh adat. Kalau HTI kan kami pantau 10 tahun, sudah cukup, sekarang baru dua tahun makanya kami butuh masukan dari lainnya,” sambungnya.

Selain itu, politisi PDIP ini juga menekankan pembubaran ormas tersebut tidak sebatas ormas keagamaan. Hal tersebut sekaligus juga menampik anggapan Islamophobia yang selama ini melekat pada pemerintah.

“Ormas-ormas umum, ormas sosial pun termasuk ormas radikal pun saya kira akan ditindak. Indikasinya campur, antara Pancasila (anti-Pancasila) dan anarkis dan yang mengganggu ketertiban. Tunggu tanggal mainnya,” tutup Tjahjo.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here