Home BERITA Enggak Pulang-Pulang, Habib Rizieq Rintangi Penyidikan?

Enggak Pulang-Pulang, Habib Rizieq Rintangi Penyidikan?

SHARE
riziq saksi sidang Ahok - 3
Habib Rizieq Shihab (Kiki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pakar Hukum Pidana Hibnu Nugroho menilai tindakan Habib Rizieq yang pergi ke luar negeri saat ada kasus hukum yang membutuhkan keterangannya tidak masuk kategori merintangi penyidikan.

Menurut Hibnu, kepergian Habib Rizieq ke luar negeri diserta alasan yang jelas. Selain itu, Habib Rizieq pergi ke luar negeri juga tidak dalam status cegah yang seharusnya bisa dimohonkan Polri kepada Ditjen Imigrasi.

“Karena kan dia sudah janji mau pulang kapan. Kemarin kan kalau enggak salah dia minta waktu sampai lebaran, itu mesti kita tunggu dulu. Kalau seandainya enggak menepati, ya itu baru bisa dikatakan menghambat,” kata Hibnu kepada Kriminalitas.com, Jumat (19/5/2017).

Sebagai informasi, menghalangi penyidikan atau sebuah kasus pidana bisa berakibat hukuman. Pada pasal 221 KUHP disebutkan tindakan apa saja yang masuk dalam kategori menghalangi proses hukum.

Pada pasal tersebut menghindari pemeriksaan atau penangkapan atau penahanan atau menghalang-halangi atau menyusahkan pemeriksaan oleh yang berwajib diancam dengan hukuman pidana 9 bulan penjara.

Diketahui, Habib Rizieq sampai saat ini belum kembali ke tanah air. Berdasarkan informasi, Habib Rizieq pergi umrah ke Arab Saudi bersama keluarganya. Selain ke Arab Saudi, Habib Rizieq juga sempat dikabarkan berada di Malaysia untuk urusan kuliah S2-nya.

Bahkan, berdasarkan keterangan penasihat hukumnya Sugito Atmoprawiro, Habib Rizieq juga akan mengisi sejumlah kuliah umum di negara Eropa. Perginya Habib Rizieq meninggalkan enam kasus yang tengah digarap kepolisian.

Satu di antara enam kasus yang tengah dikebut yakni kasus konten pornografi yang disidik oleh Polda Metro Jaya. Bahkan, polisi mengancam akan menjemput paksa Habib Rizieq jika tidak segera pulang pada panggilan ketiga.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here