Home BERITA Enggan Berkomentar Soal Bela Negara FPI, TNI: Pedoman ada di Panglima

Enggan Berkomentar Soal Bela Negara FPI, TNI: Pedoman ada di Panglima

SHARE
Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kadispenad TNI) Brigadir Jenderal Mohammad Sabrar Fadhilah
(Diki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kadispenad TNI) Brigadir Jenderal Mohammad Sabrar Fadhilah enggan berbicara banyak mengenai pencopotan Dandim Lebak usai menggelar pelatihan Bela Negara bersama FPI.

Saat ditanyai wartawan, Fadhilah mengaku pihaknya dalam kapasitas sebagai Kapuspenad, telah menyerahkan keputusan tersebut kepada Panglima TNI.

“Pedoman saya ada di Panglima TNI. Saya tidak ingin berbicara banyak mengenai itu,” ujarnya di Aula Media Center Dispenad, Jalan Abdul Rahman Saleh I, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Lebih lanjut, Kadispenad juga mengatakan, keputusan pencopotan Komando Distrik Militer (Dandim) Lebak Banten bukan disebabkan karena keikutsertaan Ormas Front Pembela Islam (FPI) dalam kegiatan Bela Negara.

Pencopotan tersebut dilakukan karena ada beberapa hal terkait prosedural yang telah dilanggar Dandim. “Pangdam sudah jelas mengatakan bahwa apa yang dilakukan tidak prosedural sehingga persoalan itu yang berefek kepada pimpinan-pimpinan yang melaksanakan (bela negara),” terangnya.

Namun demikian, saat ditanya lebih lanjut mengenai prosedur yang seharusnya dilakukan Dandim dalam menggelar Bela Negara, ia terkesan tutup mulut.

“Saya kira sudah dibaca (prosedur). Kalau teknis yang pasti belum, tapi saya kira saat ini tidak ingin berbicara, pedoman saya tetap di panglima,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, pencopotan Dandim Lebak Banten dilakukan langsung oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Muhammad Herindra.

Pencopotan tersebut terjadi usai kegiatan bela negara yang diikuti FPI beredar luas melalui unggahan foto yang memeperlihatkan sejumlah anggota FPI dan TNI yang tengah melakukan latihan layaknya seorang tentara. Foto-foto tersebut dipublikasikan oleh akun bernama @dpp_fpi di media sosial Twitter.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here