Home BERITA Faktor Keamanan Jadi Alasan Ahok Ogah Bersaksi di Sidang Buni Yani

Faktor Keamanan Jadi Alasan Ahok Ogah Bersaksi di Sidang Buni Yani

SHARE
Basuki T. Purnama alias Ahok divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara dua tahun.
(FOTO POOL/SIGID KURNIAWAN/RAISAN AL FARISI)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Terpidana kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, batal hadir sebagai saksi Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang dugaan pelanggaran UU ITE yang menyeret Buni Yani, di Pengadikan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017).

Pengacara Ahok, I Wayan Sudirta menuturkan, kemanan menjadi satu diantara faktor kliennya enggan datang ke sidang Buni. Karena tidak tertutup kemungkinan muncul demonstrasi para massa penolak Ahok.

“Misalnya begitu Pak Ahok dibawa ke Bandung, turun ratusan orang yang demo. Apakah polisi mampu mengamankan? Itu kan keselamatan Ahok tidak terjamin,” ujar Wayan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/8/2017) ini.

Wayan sadar, tidak sedikit massa yang menolak Ahok. Terbukti ketika Ahok disangka melakukan penodaan agama, demonstrasi terus bermunculan.

“Ketika tidak menjadi tersangka kemudian demo jadi tersangka, masih ribut juga. Dituntut hukuman percobaan, enggak puas juga. Enggak terpilih sebagai gubernur, enggak puas juga. Mundur dari gubernur, enggak puas juga. Sudah dihukum dan dipenjara dua tahun, masih teriak ‘bunuh Ahok’,” tandasnya.

Buni Yani terseret kasus usai mengunggah video dan mentranskrip ucapan Ahok ketika pidato di Kepulauan Seribu, pada 2016 silam. Dari video itu, ucapan Ahok yang diduga menodakan agama terekam.

Sayangnya terdapat perberbedaan antara transkip Buni Yani dengan ucapan Ahok dalam video. Ditambah video unggahan tidak utuh.

Dari situ Buni dilaporkan hingga kasusnya berujung ke pengadilan. Oleh JPU, Buni dijerat Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, pasal 32 ayat 1 junto Pasal 48 ayat 1.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here