Home BERITA Gara-Gara Ransomeware WannaCry, Warga Tangerang Tak Bisa Urus E-KTP

Gara-Gara Ransomeware WannaCry, Warga Tangerang Tak Bisa Urus E-KTP

SHARE
Tampilan layar komputer sebuah rumah sakit di Jakarta yang terjangkit ransomware WannaCry. (Twitter)

KRIMINALITAS.COM,┬áTangerang – Akibat serangan virus Ransomware WannaCrypt, pelayanan Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang pun menjadi terhambat. Alhasil, warga setempat pun mengeluh.

“Kita dari pagi di sini, karena ada himbauan antisipasi virus ini saya mau ngambil e-KTP nggak bisa. Tadi sudah dikasih tahu juga sama pihak Disdukcapil kalau nggak bisa ambil atau proses e-KTP,” ungkap Mulyadi, warga Kecamatan Kelapa Dua, Selasa (16/5/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang, Uyung Mulyardi mengatakan, pihaknya telah mengimbau dan berupaya untuk mengantisipasi virus tersebut.

“Kita sudah kasih imbauan dan diharapkan masyarakat dapat memahami hal tersebut karena, gangguan ini dari pihak pusat. Untuk data, sejauh ini sudah 60 persen data yang kita backup, masih ada 9 ribu data yang belum di-backup sekarang masih proses,” pungkasnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, sebuah virus bernama Ransomware WannaCrypt atau sering disebut WannaCry, menyerang hampir seluruh jaringan komputer di seluruh dunia. Virus tersebut membuat data-data yang tersimpan di komputer tak bisa lagi diakses oleh pemiliknya.

Untuk mengembalikan akses ke data, pemilik komputer harus mentransfer sejumlah uang kepada si penyebar virus dalam mata uang BitCoin.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Kinanti Dellavita Syah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here