Home BERITA Gelombang Kecaman Soal Tuntutan JPU pada Ahok Tak hanya dari Jakarta

Gelombang Kecaman Soal Tuntutan JPU pada Ahok Tak hanya dari Jakarta

SHARE
Ahok, terdakwa kasus dugaan penistaan agama, saat sidang pembacaan tuntutan (Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos/Pool)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Gelombang kecaman atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kepada terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki T. Purnama (Ahok) tak hanya datang dari Jakarta.

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Barat, Mulyadi Muhammad Yatim, mengatakan bahwa keputusan yang terjadi pada persidangan kasus dugaan penistaan agama, Kamis (20/4/2017) kemarin itu semakin memperlihatkan bahwa penegakan hukum di Indonesia masih tebang pilih.

“Hukum di Indonesia saat ini sangat terlihat kebobrokannya karena hukum ditegakkan secara diskriminatif,” tegasnya kepada Kriminalitas.com, Jumat (21/4/2017).

Menurutnya, tuntunan JPU sangat tidak memenuhi rasa keadilan sekaligus mencederai rasa keadilan masyarakat.

“Jangan permainkan hukum hanya karena kepentingan sekelompok orang. Bangsa ini terlalu mahal dipertaruhkan hanya karena seorang Ahok,” geram Mulyadi.

Hal senada disampaikan Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara Basir Hasibuan. Menurutnya, sangat wajar apabila banyak pihak berprasangka jika ada kekuatan besar yang melindungi Ahok.

“Dari kasus dia tidak ditahan padahal sudah terdakwa, tidak dinonaktifkan sebagai Gubernur DKI, sampai tuntutan yang hanya satu tahun,” ungkap Basir.

Menurutnya, jika hal ini tak disikapi dengan arif akan menimbulkan gejolak sosial di masyarakat.

“Sama halnya penegak hukum di negeri ini membiarkan munculnya penista-penista agama baru,” tegasnya.

Akibatnya, kata Basir, akan muncul tindakan main hakim sendiri di negeri ini lantaran masyarakat tidak percaya lagi dengan aparat penegak hukum.

“Bisa saja muncul pemikiran kalau ada yang menista agama Islam mari kita gunakan hukum Islam karena hukum kita sudah ditumpangi kepentingan penguasa,” tandasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here