Home BERITA Gencar OTT, KPK Hasilkan Ratusan Miliar untuk Negara

Gencar OTT, KPK Hasilkan Ratusan Miliar untuk Negara

SHARE
Komisioner KPK Basaria Panjaitan saat menyambut sejumlah pejabat negara yang hadir di acara bukber KPK. (Dinda Chairina/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Sepanjang tahun 2016, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil mengembalikan hampir setengah triliun aset negara yang telah dinikmati para koruptor Indonesia.

“Lebih dari Rp 497,6 miliar telah dimasukan ke kas negara dalam bentuk PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak),” ujar Pimpinan KPK, Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Senin (9/1/2017).

Wanita yang tercatat sebagai perempuan pertama yang berpangkat Inspektur Jenderal (bintang dua) di dalam sejarah Kepolisian Indonesia ini mengatakan, pengembalian aset negara tersebut merupakan hasil dari penanganan perkara tindak pidana korupsi.

“Secara total, pada tahun 2016 KPK melakukan 96 kegiatan penyelidikan, 99 penyidikan, dan 77 kegiatan penuntutan, baik kasus baru maupun sisa penanganan perkara pada tahun sebelumnya,” paparnyanya.

Dia melanjutkan, selain itu KPK juga melakukan eksekusi terhadap 81 putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. “Semua hal ini dilakukan agar aset tersebut kembali,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Sherly Puspita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here