Home BERITA Gencar Periksa Pegawai Kemendagri, KPK: Korupsi E-KTP Dimensinya Luas

Gencar Periksa Pegawai Kemendagri, KPK: Korupsi E-KTP Dimensinya Luas

SHARE

jubir-kpk-febrian-syah-5KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi kembali (KPK) kembali memeriksa sejumlah saksi terkait kasus korupsi pengadaan e-KTP yang menyeret mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman.

Bahkan, dalam catatan Kriminalitas.com, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Kemendagri, Diah Anggraeni sudah lima kali dipanggil penyidik antirasuah untuk diperiksa dalam perkara yang sama.

“Pemeriksaan saksi sering kali dibutuhkan untuk beberapa hal, tidak cukup hanya sekali karena dalam pemeriksaan saksi tertentu ada pemeriksaan saksi selanjutnya serta ‎ada informasi baru yang didapatkan,” ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jumat (23/12/2016).

Kendati demikian, saat ditanya peran Diah Anggraeni dalam perkara proyek e-KTP, Febri menjelaskan hal tersebut berkaitan dengan posisi dan jabatannya saat itu. “Penyidik mencari tahu apa saja yang dilakukan, bagaimana prosesnya dan info-info lain yang  perlu dikonfirmasi lebih lanjut,” ujarnya.

“Tapi apa saja info tersebut, tidak bisa disampaikan pada publik saat ini. Rincian informasi, termasuk juga klarifikasi dengan banyak pihak, apakah itu termasuk proses pengadaan dan proses penganggaran akan dibuka ketika kasus ini masuk ke persidangan,” lanjutnya.

Ia menegaskan, semakin intensif penyidik memeriksa saksi dalam kasus yang merugikan negara triliunan rupiah ini lantaran kasusnya yang sangat luas.

“Kita tahu kasus ini dimensinya sangat luas, kerugian keuangan negara nilainya signifikan, perhitungan terakhir indikasi kerugiannya lebih dari Rp 2 triliun sehingga kita harus maksimal menangani kasus ini,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Ahmad Alfian and Dinda Chairina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here