Home BERITA Harga Melambung, Tiga Sekawan Panen Cabai di Ladang Orang

Harga Melambung, Tiga Sekawan Panen Cabai di Ladang Orang

SHARE
Penampakan FA yang panen cabai di kebun orang
FA, pelaku pencurian di ladang cabai saat dipamerkan Kapolsek Gurah. (Yanna/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Kediri – Harga cabai yang melambung saat ini menjadi motivasi tersendiri bagi kawanan pencuri di Kecamatan Gurah, Kediri, Jawa Timur.

Seorang pemuda berinisial FA (22) nekat memanen cabai di ladang milik warga Desa Tiru Lor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

“Modusnya, pelaku mematahkan dahan yang sudah berbuah, lalu dimasukkan ke dalam karung,” ujar Kapolsek Gurah AKP Suyono saat ‘memamerkan’ FA yang berhasil ditangkap, Rabu (11/1/2016).

AKP Suyono menjelaskan, FA beraksi bersama dua orang kawannya yang saat ini masih buron.

Pencurian cabai yang dilakukan FA pertama kali diketahui oleh warga yang curiga dengan karung yang dibawa oleh FA dan dua kawannya.

Sebelum beraksi, FA merencanakan pencurian itu di rumah salah satu pelaku. Mereka sepakat mencuri dengan menggunakan karung di kebun milik warga.

Dahan pohon cabai yang telah berbuah dimasukkan ke dalam karung. Untuk menyamarkan aksinya, dahan ditutupi rumput agar mereka terlihat seperti pencari rumput untuk pakan ternak.

Namun apes, selesai ‘memanen’ di kebun orang, salah satu karung yang ia bawa dengan motor ‘trondol’ terjatuh. Walhasil, rumput beserta dahan cabai hasil curiannya berserakan di jalan.

Warga yang melihat ada ‘tanaman lain’ di antara rumput yang terjatuh dari karung langsung menaruh curiga dan menangkap FA.

Setelah diinterogasi warga, FA langsung digelandang oleh salah satu anggota polisi yang ada di lokasi. “Di lokasi ada anggota kita, pelaku lalu kita bawah ke Polsek,” terang Kapolsek.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa karung plastik lengkap dengan barang curiannya, serta kendaraan protolan yang dikendarainya.

Atas perbuatan tersebut, pelaku terancam hukuman kurungan 7 tahun penjara, dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Yanna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here