Home BERITA Harry Tanoe Ajukan Praperadilan, Mabes Polri Cuek Limpahkan Berkasnya ke Kejagung

Harry Tanoe Ajukan Praperadilan, Mabes Polri Cuek Limpahkan Berkasnya ke Kejagung

SHARE
Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Martinus Sitompul (Aristo/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Meskipun Bos MNC, Harry Tanoesoedibjo telah melayangkan gugatan praperadilan terhadap Polri di PN Jakarta Selatan atas penetapan dirinya sebagai tersangka, namun berkas perkara kasus dugaan ‘surat kaleng’ tetap berjalan terus.

Bahkan, Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) Harry Tanoe sudah limpahkan ke Kejaksan Agung (Kejagung).

“Sebagaimana aturan di dalam sebuah proses hukum, bahwa penyidik menyerahkan berkas untuk diteliti oleh JPU. Sampai saat ini, berarti sudah ada lima hari sejak berkas diserahkan,” kata Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat (14/7/2017).

Terkait penyerahan berkas tersebut, ia melanjutkan, sampai saat ini pihaknya belum menerima pengembalian BAP Harry Tanoe untuk dilengkapi (P19).

“Apakah ini lengkap atau tidak belum. Karena kalau pengembalian berkas perkara itu disertai dengan petunjuk untuk melengkapi sejumlah keterangan-keterangan yang dibutuhkan jaksa,” ungkapnya.

Sesuai dengan ketentuan yang diatur di dalam KUHAP, JPU memiliki waktu 14 hari untuk meneliti, dan mengembalikan BAP ke penyidik.

“Untuk Jaksa itu kan biasa 14 Hari. Tapi sebelumnya itu juga bisa,” imbuhnya.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Cyber Mabes Polri menetapkan Ketua Umum Partai Perindo sebagai tersangka kasus SMS ancaman terhadap Jaksa Yulianto terkait kasus dugaan korupsi Mobile 8 yang tengah ditanganinya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Sapuji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here