Home BERITA Hebat, Satpam Stasiun Kembalikan Duit Ratusan Juta Rupiah ke Pemiliknya

Hebat, Satpam Stasiun Kembalikan Duit Ratusan Juta Rupiah ke Pemiliknya

SHARE
Genius Widya (kedua dari kiri) menerima tasnya yang hilang di Stasiun KA Kroya, Cilacap
(Istimewa)

KRIMINALITAS.COM, Cilacap – Sungguh terpuji sikap Supriyanto, petugas keamanan Stasiun Kereta Api (KA) Kroya, Cilacap. Pasalnya, ia memilih untuk mengembalikan uang tunai senilai 25.000 dolar Singapura atau senilai Rp 240 juta, dan Rp 14,7 juta yang ia temukan di dalam sebuah tas yang tertinggal di salah satu kafe stasiun tersebut, Kamis (18/5/2017).

Penemuan ini berawal saat Supriyanto sedang santai duduk-duduk di bangku kafe tersebut. Tidak menduga dia melihat ada tas yang tergeletak di bangku dan tidak ada pemiliknya. Karena penasaran, Supriyanto akhirnya membuka tas tersebut.

Begitu melihat ke dalam, Supriyanto pun kaget. Ia tidak menyangka melihat uang tunai ratusan juta rupiah. Akhirnya ia memutuskan untuk melaporkan penemuannya tersebut kepada petugas Quality Control dan Junior Supervisor (JS) Perjalanan KA Mujaino, serta anggota Polsuska Arif Triyatno.

“Selain uang tunai, juga terdapat buku rekening atas nama Liem Yenoes Budiyanto. Ini diketahui setelah bersama petugas di perusahaan ini, kami membuka dan mengecek isinya,” kata Supriyanto didampingi Darwoto, petugas Quality Control.

Selanjutnya, untuk mencari identitas pemiliknya, Darwoto langsung memeriksa daftar manifest yang telah dicetak dari Rail Ticket System (RTS). Dari data tersebut, ditemukan seorang penumpang bernama Genius Widya, penumpang kereta api 5 Argowilis jurusan Kroya-Bandung.

“Pemilik tas saat dihubungi membenarkan jika tas berisi uang tunai ratusan juta rupiah itu adalah miliknya yang keringgalan di warung saat makan. Akhirnya, tas berisi barang berharga itu dikembalikannya kepada pemiliknya dengan didaksikan oleh QC 5c, Js Perka dan Polsuska Kroya maupun petugas Polsek Kroya,” kata Supriyanto kepada wartawan, di Stasiun KA Kroya kepada wartawan, Jumat (19/5/2017).

Sementara, pemilik tas melalui Genius Widya menyatakan, bahwa pihaknya tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada pekerja yang menemukan tas milik saudaranya itu serta kepada petugas KAI.

“Setelah dicek, ternyata isi di dalam tas itu tidak ada yang hilang dan saya kembalikan langsung ke pemiliknya yang diterima saudaranya, Genius Widya. Penyerahan ini disaksikan juga Manajer Humas PT KAI DAOP 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko, Polseska, serta Polsek Kroya maupun Polres Cilacap,” tandas Genius didampingi saudaranya kepada sejumlah wartawan, yang menemuinya di Stasiun Kroya, Jumat (19/5/2017).

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Heru Santoso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here