Home BERITA Ini Alasan Yusril Ubah Nama Pemohon Uji Materi Perppu Ormas

Ini Alasan Yusril Ubah Nama Pemohon Uji Materi Perppu Ormas

SHARE
Yusril Ihza Mahendra. (Elga/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Kuasa Hukum Hizbut Tahrir Indonesia, Yusril Ihza Mahendra menjelaskan alasan pihaknya yang mengubah legal standing pemohon dalam melakukan uji materi atas Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

Diketahui, pemohon uji materi ini awalnya atas nama Hizbut Takhrir Indonesia (HTI) sebagai Ormas dan diubah ke Ismail Yusanto sebagai perseorangan.

Yusril mengatakan hal itu lantaran pihaknya tak mau terjadi perdebatan yang menyebabkan gugatannya ke MK tak bisa diterima. Pasalnya, saat ini HTI telah resmi dibubarkan sebagai Ormas per tanggal 19 Juli 2017.

“Karena s­aat kami mengajukan permohonan, HTI masi­h ada. Tapi setelah sidang, pemerintah sudah membubarkan HTI. Jadi debat, nanti panj­ang,” kata Yusril di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Menurutnya, siapapun pemohon uji materi ini tak jadi masalah. Mengingat, Ismail memang merupakan Juru Bicara HTI yang telah menjadi korban atas diterbitkannya Perppu Ormas.

“Bagi saya, sebenarnya Pak Ismail sebagai perseorangan maupun HTI sebagai Ormas sama saja. Karena yang kita persoalkan adalah Perppu itu sendiri,” tutup Yusril.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here