Home BERITA Ini Komentar Banser NU Buat yang Nolak Perppu Ormas

Ini Komentar Banser NU Buat yang Nolak Perppu Ormas

SHARE
Menko Polhukam Wiranto (Kiki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 2 Tahun 2017 tentang Perubahan UU No 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan terus menuai kontroversi.

Sebagian pihak menganggap terbitnya Perppu tersebut dapat mengancam kebebasan berserikat dan berkumpul.

Namun, Komandan Densus 99 Banser NU, Nuruzzaman tak sependapat dengan pihak-pihak yang memprotes Perppu yang disahkan pada 10 Juli 2017 itu. Menurutnya, Perppu tersebut merupakan langkah Pemerintah untuk menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara.

“Sejak Perppu diterbitkan, maka seluruh ormas di Indonesia harus memiliki kepatuhan hukum demi terjaganya ketertiban umum dengan menjaga nilai-nilai berbangsa dan bernegara sesuai dengan ideologi Pancasila,” katanya melalui keterangan tertulisnya, Jumat (14/7/2017).

Menurutnya, Presiden Joko Widodo seharusnya layak mendapat apresiasi dari seluruh elemen masyarakat Indonesia.

“Presiden telah memberikan landasan hukum untuk melakukan pembubaran terhadap ormas-ormas yang mengancam nilai-nilai kebangsaan dan keutuhan Indonesia,” ujar Nuruzzaman.

Selain itu, lanjut Nuruzzaman, Jokowi memang memiliki kewenangan atributif yang dijamin oleh UUD 1945 untuk mengatasi kekosongan hukum yang memang belum diatur dalam suatu Undang-Undang.

“Perppu ini untuk mengakomodasi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara atas munculnya ancaman ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI. Karena itu, Presiden harus mengambil langkah responsif, salah satunya adalah dengan menerbitkan Perppu ini,” tandasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here