Home BERITA Ini Penjelasan Disdik Depok Soal Penerimaan Siswa “Khusus”

Ini Penjelasan Disdik Depok Soal Penerimaan Siswa “Khusus”

SHARE
Kriminalitas.com – Wisnu Angga Wijaya

KRIMINALITAS.COM, Depok – Dinas Pendidikan (Disdik) Depok angkat bicara perihal pengistimewaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA Negeri khusus bagi Polisi, TNI dan Kejaksaan.

Dia menegaskan, salah satu perlakukan khusus itu karena ada Momorandum of Understanding (MoU) antara Disdik Provinsi Jawa Barat dengan tiga lembaga tersebut.

Sekretaris PPDB SMAN 3, Nurhayati mengakui, pemberian jalur istimewa itu karena adanya kesepakatan dari Disdik Pemprov Jabar dengan Polisi, TNI dan Kejaksaan Negeri Kota Depok.

Yakni untuk mengantisipasi adanya jual beli bangku sekolah negeri yang melibatkan banyak oknum tak bertanggungjawab. Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, kerja sama dengan tiga lembaga itu pun dicetuskan.

“Semua SMA Negeri di Depok diberikan kuota 10 persen untuk menerima siswa baru dari jalur MoU non-akademik. Di Juknis (petunjuk teknis) dibolehkan. Tapi itu yang bahas kepala sekolah, bukan panitia,” tuturnya kepada Kriminalitas.com, Senin (10/7/2017).

Menurutnya, jalur khusus ini tidak mensyaratkan nilai akademik bagi siswa. Mereka langsung diterima selama kuota yang disediakan masih kosong. Untuk SMA Negeri 3, jumlah siswa yang masuk dari tiga instansi tersebut hanya 32 orang.

“Ketua panitia untuk tingkat SMA itu Kepsek SMAN 3 Depok Bapak Fattah. Beliau yang lebih tahu seperti apa penunjukan itu. Kami di sini hanya menerima siswa yang dibawa sama anggota Polisi, TNI dan Kejaksaan saja,” ujar Nurhayati.

Ditanya soal perjanjian atau MoU antara Disdik dengan Polisi, TNI dan Kejaksaan, Nurhayati tidak dapat menunjukkan bentuk perjanjian kerja sama tersebut.

Alasannya, surat MoU yang ditandatangani oleh para petinggi Polisi, TNI dan Kejaksaan itu ada di tangan Ketua Panitia PPDB tingkat SMA Negeri Depok, yakni Fattah.

Perempuan berhijab ini pun menjelaskan, selain SMAN 3 pengistimewaan memasukkan siswa dari tiga lembaga itu juga diberikan ke Komite SMP Negeri 4.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Ucok Barimbing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here