Home BERITA Ini PR Indonesia Jelang HUT ke-72 Versi Menteri Tjahjo

Ini PR Indonesia Jelang HUT ke-72 Versi Menteri Tjahjo

SHARE
Ilustrasi (NET)

KRIMINALITAS COM, Jakarta – Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Indonesia jelang usia ke-72. Sejumlah pekerjaan rumah itu dipaparkan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Dari sisi urusan dalam negeri, kata Tjahjo, masih banyak yang perlu disoroti dan perlu ditingkatkan.

“Tentu dengan membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang harus semakin efektif, efisien, serta mempercepat reformasi birokrasi dan memperkuat otonomi daerah untuk menuju daerah yang maju dan mandiri menjadi perhatian kita semua,” papar Tjahjo Kumolo di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Hal lain yang menjadi perhatian Mendagri di usia bangsa yang ke 72 ini adalah menumbuhkan daerah-daerah menjadi lebih optimal agar mampu meningkatkan pertumbuhan nasional dan meningkatkan kemandirian.

Untuk mewujudkan hal tersebut nyatanya tak semudah membalikan telapak tangan. Politisi PDIP ini mengaku banyak menemukan tantangan-tantangan yang nantinya menjadi lompatan menuju usia Indonesia yang baru.

“Tantangan yang dihadapi sekarang adalah masalah area rawan korupsi. korupsi di daerah semakin tinggi, korupsi pejabat, korupsi swasta, dan penyalahgunaan wewenang yang semakin tinggi,” jelasnya.

Hal tersebutlah yang diakuinya perlu dicermati secara bersama di tengah perayaan kemerdekaan 17 Agustus mendatang. Terlebih dengan posisi Kemendagri yang belakangan menjadi sorotan publik terkait berbagai kebijakannya.

“Kita harus peka, harus melawan area rawan korupsi tadi yang menyangkut area rawan pelanggaran. Menyangkut hibah dan bansos, retribusi dan pajak, menyangkut belanja jasa dan barang. Jual beli jabatan itu harus kita singkirkan sebab itu area rawan korupsi,” sambung Tjahjo.

“Dengan penegakan hukum yang konsisten, saya kira jangan dipersalahkan siapa yang bergerak. Mulailah kepada diri kita sendiri mari kita lawan area rawan korupsi tadi untuk menuju Indonesia yang bebas korupsi,” tandasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here