Home BERITA Ini Tiga Perkara yang Harus Ditekankan Dalam Pemberantasan Terorisme

Ini Tiga Perkara yang Harus Ditekankan Dalam Pemberantasan Terorisme

SHARE
Menko Polhukam Wiranto. (Aristo Setiawan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto menyebut ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pemberantasan terorisme di Indonesia. Pertama perihal sinergitas, kedua totalitas, dan ketiga perihal keseriusan.

Soal sinergi, kata dia, Indonesia telah sepakat dengan negeri sahabat yakni pemberantasan teroris tidak bisa dilaksanakan oleh satu negara.

Selain dengan negara luar, mantan Panglima ABRI ini, menekankan sinergi perlu dibangun di dalam negeri. Perlu semua elemen, termasuk peran masyarakat untuk memberantas teroris.

“Tidak diserahkan ke BNPT. Tidak bisa diserahkan ke satu lembaga. Maka harus juga sinergi dengan elemen masyarakat harus sinergi melawan teroris,” ungkap dia ditemui di kantor Menko Polhukam, di Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Kemudian soal totalitas, menurut dia, pemberantasan teroris tidak boleh dilakukan dengan setengah hati. Pasalnya teroris diklaim Wiranto menyusup ke semua sendi kehidupan masyarakat. “Jadi kalau menghadapinya enggak total, enggak bisa,” lanjut dia.

Sedangkan, persoalan lain yakni keseriusan. Pemerintah memandang pemberantasan terorisme tidak boleh dicampur adukkan dengan masalah politik, ataupun kepentingan individu.

“Ketiga serius. Menghadapi terorisme serius. Tidak bisa kita dicampuradukkan dengan politik, masalah kepentingan partai, atau kelompok, tidak bisa,” tegas dia.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here