Home BERITA Ini yang Harus Diperhatikan Pemerintah dalam Pembentukan Basinas

Ini yang Harus Diperhatikan Pemerintah dalam Pembentukan Basinas

SHARE
Ilustrasi/NET

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pengamat Media Sosial, Eddy Yansen angkat bicara perihal rencana pemerintah membentuk Badan Siber Nasional (Basinas) pada tahun 2017 ini. Menurut Yansen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan wacana ini.

“Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Badan Siber Nasional nantinya memisahkan berita benar dengan berita yang menyesatkan,” kata Yansen kepada Kriminalitas.com, Sabtu (7/1/2017).

Kemudian, Yansen menyoroti perihal anggota Basinas jika jadi terbentuk. Pasalnya, selama ini pembentukan badan ini difokuskan untuk mengurusi masalah informasi teknologi, sementara anggotanya belum dipikirkan.

“Kebebasan berpendapat adalah dilindungi konstitusi. Sehingga Badan Siber Nasional yang sekarang diberitakan seolah-olah hanya sebatas kemampuan IT yang ditonjolkan,” kata Eddy.

“Padahal staf berkeahlian IT tinggi sangat berbeda dengan kebutuhan Badan Siber Nasional dalam menjalankan tugasnya nanti, yakni melindungi masyarakat dari informasi atau pemberitaan yang menyesatkan,” tegasnya.

Sebagai informasi, pemerintah berencana membentuk Badan Siber Nasional (Basinas). Disebutkan, pembentukan badan ini berdasarkan Undang-undang ITE yang telah direvisi.

Proses penggodokan badan ini terus dilakukan lembaga terkait. Ditargetkan tahun 2017 badan pengawas dunia maya ini akan disahkan.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Aristo and Nicky Aditya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here