Home BERITA Jaksa Agung Ajukan Banding Kasus Ahok untuk Imbangi Langkah Pengacara

Jaksa Agung Ajukan Banding Kasus Ahok untuk Imbangi Langkah Pengacara

SHARE
Jaksa Agung HM Prasetyo (Kiki Budi Hartawan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Jaksa Agung, HM Prasetyo mengaku sudah mengajukan banding atas vonis perkara penistaan agama yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Hanya Prasetyo tidak merinci pasti tanggal pengajuan banding tersebut.

“Kami sudah memutuskan banding. Waktu berpikir selama 7 hari sudah terlewati. Dan sebelum 7 hari, JPU sudah mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi,” kata Prasetyo di kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2017).

Sejumlah alasan diungkap Prasetyo dalam proses pengajuan banding ini. Pertama pengajuan banding untuk mengimbangi langkah pengacara Ahok.

“Siapa tahu nanti kalau ternyata terdakwa tidak puas dengan banding, dia mengajukan kasasi. Kalau tidak banding, jaksa tak bisa kasasi juga untuk mengimbangi langkah mereka,” lanjut Prasetyo.

Selain itu banding diajukan demi menguji ketepatan pasal yang menjerat Ahok. Dalam dakwaan, Ahok dijerat dengan pasal alternatif, yakni Pasal 156 tentang Penistaan Golongan dan Pasal 156a tentang Penistaan Agama.

Dalam persidangan penistaan agama, jaksa menggunakan Pasal 156 tentang Penistaan Golongan. Namun vonis hakim justru berkata lain, Ahok dijerat Pasal 156a tentang Penistaan Agama.

“JPU ingin menguji ketepatan pasal mana yang memang harus diterapkan dalam perkara Ahok,” ujar Prasetyo.

Jaksa, kata Prasetyo, perlu menguji perbedaan ini. Apalagi perbedaan tersebut menyinggung kebenaran hakiki dan profesionalitas JPU.

“Jadi biarlah hukum berjalan sesuai koridornya sendiri. Orang lain tidak perlu mencampuri masalah ini,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here