Home BERITA Jalani Sidang Pertama, Pelaku Penembakan Bandara Florida Bakal Dijatuhi Hukuman Mati

Jalani Sidang Pertama, Pelaku Penembakan Bandara Florida Bakal Dijatuhi Hukuman Mati

SHARE
Esteban Santago saat hadir di Gedung Pengadilan Federal, Amerika Serikat
(Reuters)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Esteban Santiago (26), pelaku penembakan di Bandara Internasional Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat (AS), menjalani sidang pertamanya, Senin (9/1/2017) waktu setempat. Di dalam sidang tersebut Santiago akan mendengarkan tuntutan yang akan dijatuhkan kepadanya.

Menurut kabar yang dirilis oleh Reuters, Senin (9/1/2017), Santiago akan dijatuhkan hukuman maksimal, yaitu hukuman mati. Pasalnya, Santiago telah melakukan kejahatan terencana yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa.

Santiago sendiri sudah mengakui kepada pihak penyelidik bahwa dirinya hanya membeli tiket satu arah dari rumahnya di Alaska menuju Bandara Fort Lauderdale. Setelah sampai di sana, Santiago akan melancarkan aksinya yang membuat lima orang warga tewas terkena peluru.

“Mereka tengah mempertimbangkan untuk memberikan tuntutan mati kepadanya,” ujar mantan Jaksa Federal David Welnstein.

Meski begitu, otoritas berwenang menepis dugaan adanya aksi terorisme dalam insiden penembakan ini. Pihak berwajib menyatakan bahwa Santiago nekat menembaki warga, karena mengalami masalah secara psikologis.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Santiago melakukan sebuah aksi penembakan keji di Bandara Fort Lauderdale, Jumat (6/1/2017) silam waktu setempat. Menurut keterangan saksi, Santiago melakukan aksinya tersebut dengan tenang tanpa memberikan peringatan apa pun.

Menurut laporan yang dirilis Biro Investigasi Federal, Santiago yang tercatat pernah bertugas sebagai seorang tentara berpangkat prajurit satu, mengalami masalah psikologis usai bertugas di Irak.

Santiago juga menyebut bahwa agensi Amerika telah mencuci otaknya dengan memintanya menonton rekaman video soal ISIS secara terus-menerus.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here