Home BERITA Jazuli Juwaini Sebut UU Penodaan Agama Penting untuk Menjaga Persatuan Indonesia

Jazuli Juwaini Sebut UU Penodaan Agama Penting untuk Menjaga Persatuan Indonesia

SHARE
Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini (Diki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini turut berkomentar terkait banyaknya desakan agar pasal 156a yang mengatur soal sikap permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.

Menurut Jazuli, desakan penghapusan itu malah tidak sejalan dengan semangat penghormatan terhadap agama di Indonesia. Terlebih, kata dia, Mahkamah Konstitusi juga telah menolak pembatalan Pasal 156a tentang penodaan agama.

“Artinya secara konstitusi UU penodaan agama sangat penting bagi upaya penghomatan dan penjagaan semua agama yang diakui oleh negara dari upaya penistaan,” kata Jazuli melalui keterangan tertulisnya yang diterima Kriminalitas.com, Kamis (18/5/2017).

Jazuli malah meminta kepada pihak yang mendesak penghapusan pasal penodaan agama untuk memahami maksud dari adanya pasal tersebut. Sebab, dia menganggap pasal tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

“Karena kalau tidak ada pasal tersebut orang seenaknya menghina agama yang dapat menciptakan instabilitas nasional,” tegas Jazuli.

Jazuli menjelaskan bahwa hak beragama adalah hak paling dasar dari setiap manusia yang tidak bisa ditawar dengan alasan apapun.

“Dan jaminan terhadap hak beragama tidak hanya berupa perlindungan atas pilihan keyakinan seseorang, tapi juga perlindungan negara atas setiap agama dari upaya penistaan yang dilakukan siapapun,” tandasnya.

Diketahui, pasal penodaan agama ini menjadi kontroversi setelah Basuki T. Purnama (Ahok) harus mendekam selama dua tahun di penjara karena dianggap melakukan penistaan agama.

Ahok dianggap secara sah melanggar Pasal 156a, yang dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here