Home BERITA Kaitan Badan Keamanan Nasional AS dan Ransomware WannaCry 2.0

Kaitan Badan Keamanan Nasional AS dan Ransomware WannaCry 2.0

SHARE
Ilustrasi (NET)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Banyak peneliti kemananan siber menuding biang keladi penyebaran ransomware Wanna Decryptor 2.0 adalah kelompok hacker  Shadow Brokers.

Shadow Brokers merupakan kelompok hacker yang berhasil menyusup ke sistem keamanan Badan Keamanan Nasional (NSA) Ameriksa Serikat dan mencuri ‘senjata siber’ yang tengah dibangun institusi tersebut.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab merilis laporan bahwa spionase sindikat penjahat siber terjadi pada tahun 2015. Dilansir dari The Guardian, pada medio Agustus 2016, kelompok Shadow Brokers melelang ‘senjata siber’ itu pada penawar tertinggi.

Hacker ternama Edward Snowden pernah ‘ceramah’ soal pencurian senjata siber ini. Menurutnya, pencurian senjata siber diotaki oleh kelompok dari Rusia.

“Pengungkapan ini seperti peringatan. Menunjukkan bahwa seseorang bisa membuktikan bahwa Amerika memang orang yang bertanggung jawab untuk semua serangan siber yang berasal dari server malware mereka,”

Sejumlah peneliti keamanan siber menuding, serangan virus kali ini bisa jadi tidak dilakukan Shadow Brokers, melainkan dilakukan oleh pihak yang membeli software yang merupakan merupakan program yang dikembangkan oleh NSA.

Sampai saat ini belum diketahui siapa saja orang-orang yang tergabung dalam kelompok Shadow Brokers. Sejumlah teori mengatakan, Shadow Brokers adalah ‘orang dalam’ NSA yang membelot, sebagian lainnya mencurigai keterlibatan intelijen Rusia terkait pencurian senjata siber tersebut.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and BLK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here