Home BERITA Kapolda Metro Jaya Pastikan Habib Rizieq Salah Tafsirkan Mata Uang ‘Palu Arit’

Kapolda Metro Jaya Pastikan Habib Rizieq Salah Tafsirkan Mata Uang ‘Palu Arit’

SHARE
Peresmian uang rupiah baru
(Setkab)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Mohammad Iriawan menegaskan pihaknya masih menelusuri kasus ‎dugaan fitnah dan penyebaran kebencian yang dilakukan Ketua FPI, Habib Rizieq Shihab terhadap mata uang RI.

Menurut Iriawan, dari laporan Bank Indonesia, memang ada perubahan hologram sistem pengamanan di mata uang baru yang dinamakan retroperso.

“Itu bukan berlambang palu arit. Jadi dua mata sisi itu berbeda. Kalau diterawang, akan terlihat lambang BI. Silakan dilihat,” kata Iriawan di Main Hall Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (11/1/2017).

Iriawan melanjutkan, polisi akan menyelidiki apakah Rizieq sengaja menghina atau tidak. Prosesnya akan melalui gelar perkara.

“Nanti saksi ahli akan kami periksa. Yang menentukan dari pihak Bank Indonesia,” ujarnya.

Lantas, apakah Habib Rizieq sudah bisa disebut menghina mata uang Indonesia?

“Pelaporannya sih ada. Nanti kami tuduhkan Pasal 28 ayat 1 ITE. Itu ujaran kebencian dan kebohongan. Nanti akan kami lengkapi itu. Tentu akan ada gelar perkara,” tuturnya.

“Yang bisa menyampaikan soal uang itu bukan saya, saya itu penyidik. Nanti saksi dari BI yang akan menentukan. Memang tidak viral, karena ini kan terkait dengan penghinaan khusus,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here