Home BERITA Kapolri Jamin Tak Ada Tumpang Tindih antara Densus Anti Korupsi dengan KPK

Kapolri Jamin Tak Ada Tumpang Tindih antara Densus Anti Korupsi dengan KPK

SHARE
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar pertemuan dengan Ketua KPK Agus Rahardjo. (Kiki BH/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan tugas Tim Densus Anti Korupsi Polri tidak akan tumpang tindih dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini disampaikan langsung oleh Tito usai rapat kerja bersama komisi III DPR.

“KPK menjadi triger mechanism dan supervisor. Kami laporkan kasus-kasus itu ke KPK. Jadi nantinya kolaborasi,” kata Tito di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Nantinya, lanjut Tito, kolaborasi keduanya akan berlangsung baik mengingat kedua institusi tersebut memiliki kelebihan masing-masing.

“Kelebihan daripada Polri yaitu networknya dan jumlah orangnya banyak. Kalo KPK kelebihan utamanya adalah relatif sulit diintervensi karena bukan bagian dari eksekutif pemerintah. Bukan di bawah presiden, ditunjuk langsung DPR. Kekuatannya disana,” tegasnya.

Tito menambahkan, di sisi lain, kemampuan kepolisian sudah tidak diragukan lagi.

“Kami punya tim surveilance yang terdidik dan terlatih dan memahami teknis-teknis penyidikan dan penanganan tipikor sangat banyak,” lanjut jenderal bintang empat ini.

Ketika disinggung kenapa KPK dan Densus anti korupsi tak berkolaborasi, Tito mengatakan jika KPK bisa jadi pengawas dalam kasus-kasus tertentu.

“Jadi kenapa kami tak berkolaborasi? Bukan berarti kami imgin menyindir KPK. KPK bisa katakanlah jadi koordinasi pengawas dalam kasus-kasus tertentu. Misal seperti BUMN, masuklah KPK dan polri bersama-sama disitu,” lanjutnya.

“Kami buat saja satgas, misalnya KPK meminta penyidik berapa, seribu saya kasih seribu, misalnya untuk bergerak selama tiga bulan, empat bulan dengan biayanya dari KPK atau biaya bersama. Nanti ketuanya dari KPK agar tak diintervensi,” tandasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here