Home BERITA Kapolri: Polisi itu Kaki Kirinya di Kuburan dan Kaki Kanannya di Penjara

Kapolri: Polisi itu Kaki Kirinya di Kuburan dan Kaki Kanannya di Penjara

SHARE
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Kanugrahan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pasca adanya insiden penembakan yang dilakukan polisi terhadap warga sipil di Lubuklinggau, Kapolri Jenderal Tito Karnavian berjanji akan mengevaluasi kinerja anggotanya.

Tito mengaku, salah satu rencananya adalah dengan memberikan pendidikan khusus kepada personel soal bagaimana memberikan penindakan yang baik.

“Yang perlu dievaluasi di Polri khususnya. Agar anggota kami lebih banyak lagi drill-drill di tingkat pendidikan dan kemudian drill di lapangan saat bertugas, coaching clinic dengan membuat skenario sebanyak-banyaknya peristiwa,” kata Tito di PTIK, Jalan Iskandarsyah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Tito melanjutkan, anggota Polri nantinya juga dilatih untuk memberikan penilaian, kejahatan seperti apa yang perlu diberikan penanganan khusus atau bukan.

“Mereka dilatih untuk melakukan menilai peristiwa itu dan mengambil tindakan tepat agar tidak terjadi tindakan berlebihan, kekuatan berlebihan, eksesif use of forced atau justru tindakan yang kurang tepat dilaksanakan karena ancaman sudah seketika,” tutur mantan Kapolda Metro Jaya ini.

“Jadi bertindak berlebihan tidak boleh, terlalu kurang juga bisa menjadi masalah. Itu yang disebut polisi kakinya dua, kaki kanannya ada di penjara, kaki kiri ada di kuburan,” tutup Tito.

Sebelumnya sejumlah anggota polisi memberondong mobil berisi tujuh penumpang lantaran menolak saat dilakukan razia, Selasa (18/4/2017).

Akibat tembakan itu, satu orang tewas dan enam terluka. Korban tewas adalah Surini (54), dengan tiga luka tembak di dada. Korban luka antara lain Dewi Erlina (40) luka tembak di bahu kiri atas, Novianti (30) tertembak di pundak kanan, Indra (33) tertembak di leher, dan Diki (30) tertembak di perut kiri. Satu korban lagi mengalami trauma, yakni seorang batita bernama Genta (2).

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here