Home BERITA Kawal Demonstrasi BEM SI, Polisi Kerahkan Lima Ribu Personel

Kawal Demonstrasi BEM SI, Polisi Kerahkan Lima Ribu Personel

SHARE
Ilustrasi. (Nur Ichsan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Sebanyak 5.828 personel gabungan melakukan pengamanan dan pengawalan aksi unjuk rasa yang dilakukan dua elemen yakni BEM seluruh Indonesia dan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI).

“Pengamanan akan dilakukan secara menyeluruh,” kata Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Suyatno kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Anggota Kepolisian yang mengawal jalannya aksi akan ditempatkan di sejumlah titik yang telah disediakan dan difokuskan di depan Istana Merdeka.

Mengingat pergerakan massa yang cukup banyak dan diprediksi akan mengganggu pengguna jalan, maka akan diberlakukan pengalihan arus atau rekayasa lalulintas. Namun, itu hanya bersifat situasional jika memang diperlukan.

“Pengalihan arus melihat perkembangan di lapangan,” tutup Suyatno.

Dalam pernyataan tertulisnya, BEM SI akan menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk mencabut PP No 60 Tahun 2016 tentang kenaikan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang mengatur kenaikan beberapa produk Kepolisian seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Mereka menuntut Jokowi-JK untuk membuat kebijakan yang prorakyat, mereka juga mengecam keras pemerintah dan jajarannya yang saling ‘cuci tangan’ dengan kebijakan yang dibuat.

Selain itu, rencananya mereka juga menuntut agar harga kebutuhan pangan bisa distabilkan dan menolak kenaikan tarif listrik golongan 900VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif listrik golongan 900VA.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here