Home BERITA Keputusan Soni Sering Beda dengan Ahok, Pakar Sebut Ada ‘Pesanan Khusus’

Keputusan Soni Sering Beda dengan Ahok, Pakar Sebut Ada ‘Pesanan Khusus’

SHARE
Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono. (Sherly Puspita/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pakar hukum tata negara dari Universitas Parahyangan Bandung, Asep Warlan ikut angkat bicara soal wewenang seseorang yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur.

“Ada wewenang yang bersifat umum menurut perundang-undangan. Yaitu menggantikan tugas dari Gubernur definitif,” ujarnya ketika dihubungi Kriminalitas.com, Selasa (10/1/2017).

Di samping wewenang bersifat umum tersebut, Asep Warlan menyebutkan, seorang Plt Gubernur bisa saja diberikan kewenangan khsus didalmanya yang tidak hanya sekedar mengerjakan tuhas definitif seorang Gubernur non-aktif saja.

“Ada juga kewenangan lain yang diberikan kepada seorang Plt Gubernur. Hal tersebut ada dalam UU ASN (Undang-undang Aparatur Sipil Negara),” lanjutnya.

Hal ini tentunya dapat menjawab keriuhan beda pendapat antara Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki T. Purnama alias Ahok dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Soni Sumarsono.

Soni dapat saja mengambil keputusan-keputusan yang bersifat strategis apabila memang ada ‘pesanan khusus’ dari pemerintah pusat.

“Apakah Mendagri yang mengangkat Soni sebagai perwakilan dari pemerintah pusat memberikan kewenangan terhadapnya untuk melakukan kewenangan lain di luar kewenangan sebagai seorang Plt Gubernur, itu yang perlu dicari tau,” tambahnya.

Jika telah jelas bagaimana amanat yang dilayangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada Soni. Barulah dapat ditarik kesimpulan mengenai melanggar wewenang atau tidakkah pria yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) tersebut.

“Jadi seandainya kewenangan khusus tadi tidak dilimpahkan, bisa saja Soni disebut menyalahi wewenang,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Sherly Puspita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here