Home BERITA Kerusuhan di Penjara, Puluhan Napi Tewas dengan Kepala Terpenggal

Kerusuhan di Penjara, Puluhan Napi Tewas dengan Kepala Terpenggal

SHARE
Ilustrasi. (NET)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Sebuah penjara di salah satu kota di negara Brasil, dilanda sebuah kerusuhan massal. Akibat kerusuhan tersebut, setidaknya 56 orang dipastikan tewas.

Otoritas berwenang di Brasil juga menyebut bahwa ini adalah kerusuhan terparah yang terjadi di penjara Brasil. Pasalnya, pihak berwajib juga menemukan puluhan jasad narapidana yang kepalanya telah dipenggal.

“Ada banyak jenazah. Banyak dari mereka yang sudah terpenggal,” ujar Jaksa Luis Carlos Valois yang ikut dalam tim negosiasi, seperti dikutip dari NY Times, Senin (2/1/2017). “Saya tidak pernah melihat insiden seperti ini selama hidup saya.”

Menurut keterangan dari pihak berwajib, kerusuhan ini diawali oleh perang antar geng di dalam penjara. Perang antar geng ini dipicu oleh perebutan wilayah kekuasaan untuk mengedarkan narkoba jenis kokain.

Otoritas penjara mengatakan bahwa kedua kubu yang berseteru merupakan kelompok Familia do Norte yang menguasai penjara Manaus dan kelompok Primeiro Comando de Capital (PCC). Menurut informasi, Familia de Norte-lah yang melakukan aksi pembunuhan dan pemenggalan terhadap sejumlah narapidana.

Kerusuhan ini sendiri juga menimbulkan keresahan dari berbagai pihak. Pasalnya, kerusuhan yang berlangsung selama 17 jam ini disebut berpotensi akan menimbulkan kekacauan di kota Manaus. Pasalnya, Manaus sudah sering dilanda oleh kerusuhan akibat narkotika.

Hingga saat ini, kondisi penjara Manaus yang menampung sekitar 1.200 narapidana telah berangsur pulih. Pihak berwajib pun mulai berani melakukan negosiasi terhadap sejumlah narapidana yang dikabarkan masih menyandera belasan sipir penjara.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here