Home BERITA Ketua DPR Berstatus Tersangka, Siapa yang Bacakan Teks Proklamasi di HUT RI...

Ketua DPR Berstatus Tersangka, Siapa yang Bacakan Teks Proklamasi di HUT RI ke -72?

SHARE
Ketua DPR Setyo Novanto (Kiki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang, lembaga legislatif DPR belum memutuskan soal siapa yang akan membaca teks Proklamasi di Istana Negara.

Sebelumnya sudah menjadi tradisi bahwa teks proklamasi selalu dibacakan oleh Ketua DPR di Istana Negara. Namun, status tersangka yang disandang Setya Novanto menjadi polemik.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai keputusan tersebut praktis menjadi tanggung jawab fraksi Golkar.

“Yang jelas kami mengikuti aturan dan koridor yang ada untuk status tersangka di dalam Undang-Undang MD3. Yang terpenting lagi adalah dari fraksi Partai Golkar,” kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Menurutnya, selama fraksi Golkar masih mempertahankan Setnov sebagai Ketua DPR, hal tersebut tak mengubah tradisi yang sudah berlangsung lama itu.

Oleh karenanya, pihaknya mengaku enggan untuk masuk lebih dalam perihal kebijakan-kebijakan yang menyangkut status tersangka Ketua Umum Golkar.

“Tentu kami tidak bisa masuk wilayah itu. Yang berhak masuk ke wilayah itu adalah fraksi Partai Golkar. Sesuai aturan kami tidak bisa masuk ke wilayah yang bukan wewenang kami,” tegasnya.

Dengan demikian, ia menyatakan tidak menutup kemungkinan bahwa Setnov akan tetap membacakan naskah teks Proklamasi pada Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 nanti.

“Secara aturan diperlakukan sama seperti sebelumnya, jadi Pak Novanto bisa saja membacakan teks proklamasi. Kalau masalah moral, itu kembaki ke masing-masing,” tandasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here