Home BERITA Kontras Sebut Perppu Tentang Ormas Kacaukan Proses Hukum

Kontras Sebut Perppu Tentang Ormas Kacaukan Proses Hukum

SHARE
Hizbut Tahrir Indonesia
(Hizbut Tahrir)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Komisi untuk Orang Hilang dan Tindakan Kekerasan (Kontras) mengkritik keras diterbitkannya Perppu Nomor 2 Tahun 2017  perubahan atas Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Koordinator Bidang Strategis dan Mobilisasi Kontras, Puri Kencana Putri. Menurutnya, Perpu merupakan produk politik untuk mengacaukan proses hukum.

“Ini produk politik yang nampaknya ingin mendominasi agenda penegakan hukum di Indonesia,” kata Puri saat dihubungi Kriminalitas.com, Jakarta, Minggu (16/7/17).

“Memang betul produk hukum lahir dari keputusan politik, tetapi Perppu ini lebih banyak motivasi politik ketimbang meluruskan ruang penegakan hukum,” imbuphnya,

Puri mengakui bahwa memang saat ini ada gerakan ormas radikal yang mengancam namun bentuk hadirnya pemerintah melalui politis eksekutif ia nilai tidak tepat.

“Pendekatannya pakai politis eksekutif bukan eksekutif administratif. Kontras melihat bahayanya kalau pendekatan politik eksekutif pemerintah tidak mengedukasi, tidak juga memberikan perspektif baru tentang praktek intoleransi,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and Iksal Rizqi Harizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here