Home BERITA Korlantas Polri Gunakan Peralatan Canggih Ungkap Kecelakaan Maut Probolinggo

Korlantas Polri Gunakan Peralatan Canggih Ungkap Kecelakaan Maut Probolinggo

SHARE
Alat canggih laser scanner untuk mengungkap penyebab kecelakaan maut Probolinggo. (Demas/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Probolinggo – Korlantas Mabes Polri turun ke lokasi kejadian dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) tabrakan maut yag menewaskan 10 orang penumpang bus Medali Mas.

Pemeriksaan lanjutan tersebut dilakukan petugas dari Sub Bidang Sidik Kecelakaan Korlantas Mabes Polri, dipimpin langsung AKBP Dedy Suhartono di lokasi kecelakaan yang melibatkan bus Medali Mas dengan truk memuat 25 ton pakan ternak.

Untuk memastikan penyebab laka ini  peralatan modern mulai drone (kamera udara) hingga laser scanner dikerahkan. Petugas terlihat fokus melakukan pengamatan kemudian mencatat tiap informasi dan data yang terekam.

Secara lebih detail diterangkan bahwa cakupan pemeriksaan itu meliputi kondisi geografis, kondisi jalan raya serta lingkungan di sekitar kejadian yang berada di jalur pantura termasuk Desa Curahsawo, Probolinggo ini.

Polisi memeriksa bangkai bus Medali Mas yang terlibat kecelakaan maut di Probolinggo. (Demas/Kriminalitas.com)

Sejumlah peralatan ini dikatakan telah memberikan hasil data dan visual berbentuk tiga dimensi, tentang kondisi sebelum kecelakaan, saat kecelakaan hingga setelah terjadinya kecelakaan.

Ada lima titik perekaman laser scanner di lokasi kejadian berupa kondisi jalan yang miring serta pepohonan yang rimbun di sekitar lokasi diperkirakan menjadi salah satu pemicu faktor penyebab kecelakaan.

Dijelaskan sebelumnya, dengan kondisi jalan yang rimbun ditambah kontur jalan yang tidak rata membuat jalur ini rawan terjadi kecelakaan, terlebih jika perjalanan dilakukan di malam hari karena pencahayaan di tempat ini juga terbilang minim.

“Truk karena dia mengambil jalur lawan, ada karena satu berbeda, yang jalur truk ini umpamanya lajur satu, bis lajur dua. Lajur satu itu lebih tinggi dari lajur dua sehingga ketika belok miring dengan beban yang berat akan condong miring juga ke kanan,” terang AKBP Dedy Suhartono, Kepala Subid Sidik Laka Korlantas Mabes Polri.

Dedy mengungkapkan, bahwa polisi juga telah memeriksa kelaikan kendaraan bus medali mas dan truk pakan ternak. “Dipastikan dalam tiga hari ke depan hasil dan data kecelakaan akan akan disampaikan Mabes Polri,” tutupnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Demas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here