Home BERITA KPK Tak akan Berikan Rekaman Miryam ke DPR

KPK Tak akan Berikan Rekaman Miryam ke DPR

SHARE
kpk konpres ott kpk - 9
Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif. (Kiki BH/Kriminalitas.com).

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhamad Syarif menolak memberikan rekaman pemeriksaan eks Anggota Komisi II DPR Miryam S. Haryani yang dianggap sebagai saksi kunci kasus korupsi pengadaan proyek e-KTP.

Ia mengatakan rekaman itu tidak bisa diberikan. Alasannya, nama-nama anggota dewan yang diduga terlibat dalam kasus ini tak hanya bersumber dari Miryam.

“Kami sudah tanya ke jaksa, ada lebih dari satu orang yang menyebutkan itu. Nanti kalau sudah dapat, nanti kami klarifikasi ke Komisi III,” ujar dia, Selasa (18/4/2017).

Permintaan rekaman Miryam terungkap saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR.

Ketua Komisi III, Bambang Soesatyo mempertanyakan apakah dalam pemeriksaan Miryam benar mengucap keterlibatan sejumlah anggota DPR. Ia mengatakan apabila benar, maka rekaman itu bisa menjadi bahan lembaganya untuk melakukan tindakan hukum.

“Kalau enggak ada dalam rekaman, ini (Miryam) bisa dikatakan mengada-ngada,” ucap politisi Partai Golkar ini.

Senada dengan Bamsoet, Wakil Komisi III Desmond Junaidi Mahesa menambahkan jika rekaman itu untuk mengantisipasi kalau pengakuan Miryam ke penyidik antirasuah hanyalah bohong belaka.

“Saya ingin dipanggil ke pengadilan saja, biar jelas yang salah Miryam atau penyidik KPK,” tegasnya.

Seperti diketahui, Miryam telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena dianggap memberikan keterangan palsu soal kasus yang merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun. Penetapan ini menyusul ditersangkakannya Andi Narogong dari pihak swasta.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Diki Trianto and Dinda Chairina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here