Home BERITA Lagi, Nama Gamawan Fauzi Disebut dalam Sidang E-KTP

Lagi, Nama Gamawan Fauzi Disebut dalam Sidang E-KTP

SHARE
Gamawan Fauzi (Kiki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Setelah sempat dihadirkan sebagai saksi. Nama mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi kembali disebut dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Awalnya, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengonfirmasi kepada Direktur PT Java Trade Utama, Johanes Richard Tanjaya terkait peran orang dekat Gamawan bernama Paulus Tanos dalam pusaran korupsi megaproyek tersebut.

Dia mengaku kenal dengan Paulus sejak tahun 2010 saat ada pertemuan di Fatmawati. Sebab dalam setiap rapat itu, pria yang menjabat sebagai Direktur PT Sandipala Arthapura selalu hadir.

“(Lalu) saya tanya sama Vidi. Katanya itu (Paulus Tanos) orangnya Pak Gamawan mau siapkan uang Rp 2 triliun untuk e-KTP,” kata Johanes di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).

“Hendra (Adik Gamawan) juga pernah bilang, sudah pokoknya ikuti saja si rambut putih Paulus Tanos ke mana pun dia pergi’,” tambahnya.

Saat itu, Johanes sempat penasaran dengan sosok yang dimaksud Hendra. Namun sayangnya, dia tidak mendapat jawaban memuaskan.

“Saya tanya siapa itu, karena lihat mobilnya mewah dan punya akses di Fatmawati. Katanya ini orangnya menteri,” ujar dia.

Diketahui, tim Fatmawati merupakan kelompok yang dibentuk Andi Narogong dalam suap E-KTP. Bahkan Johanes menganggap, Andi berani mengeluarkan uang ratusan juta agar bisa menjadi ‘pemeran utama’ dalam korupsi megaproyek ini.

“Dia (Andi Narogong) kan memiliki kepentingan menjadi pemenang proyek e-KTP,” sindirnya.

Ketika disinggung apakah dirinya menerima uang dari Andi, Johanes membenarkannya. PT Java Trade Utama ikut kecipratan uang Rp 5 juta setiap bulannya dari Andi.

“Saya nggak tahu Pak, karena saya nggak dapat. Tim saya yang dapat, rata-rata kalau nggak salah sebulan itu Rp 5 juta,” tutup dia.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Elga Hikari Putra and Regina Nabila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here