Home BERITA Mahfud MD: Presidential Threshold Itu Idealnya 3,5 Persen

Mahfud MD: Presidential Threshold Itu Idealnya 3,5 Persen

SHARE
Mahfud MD. (NET)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Meski palu DPR sudah diketok sejak 20 Juli lalu, Undang-Undang Pemilu soal presidential threshold (PT) masih menjadi perdebatan. Mereka tak setuju dengan hadirnya poin ambang batas senilai 20 persen.

Mantan Ketua MK, Mahfud MD tidak memungkiri jika ada yang menganggap Presidential Treshold 20 persen tinggi. Seharusnya, ketika partai mengajukan pasangan capres, syarat yang dipakai yakni sistem Parlementary Treshold 3,5 persen.

“Hasil pemilu lalu, semua partai yang punya kursi di DPR itu layak, karena dia sudah teruji dan dapat mendapat dukungan minimal dari rakyat 3,5 persen. Dia sudah teruji. Nah kalau itu mungkin lebih rasional,” ungkap Mahfud saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2017).

Mahfud tidak sepakat jika pada akhirnya syarat mengajukan pasangan capres dengan Presidential Treshold 0 persen.

Jika sistem itu dipakai, maka seluruh partai peserta pemilu 2019 bisa mengajukan calon. Padahal secara fakta, ada partai yang belum teruji mendapat dukungan rakyat pada pemilu 2014.

“Kalau 0 persen memang sulit. Karena peserta pemilu boleh ajukan, itu ukurannya apa. Kan belum teruji. Bahwa dia punya dukungan di dpr dan didukung rakyat. Parlementary treshold sebelumnya masuk diakal,” lanjutnya.

Pada dasarnya, kata Mahfud, dia tetap menghormati segala putusan MK nantinya perihal UU Pemilu. Dia hanya berharap uji materi di MK atas UU Pemilu bisa segera diputus.

“Tetapi putusan MK harus diikuti. Putusan apapun mau 0 persen apa 3,5 persen atau 20 persen. Dan MK harus segera memutus,” tandasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Regina Nabila and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here