Home BERITA Nama Setnov Hilang dari Vonis Terdakwa e-KTP, KY Turun Tangan

Nama Setnov Hilang dari Vonis Terdakwa e-KTP, KY Turun Tangan

SHARE
Ketua DPR Setya Novanto. (Iksal/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Komisi Yudisial akan memanggil sejumlah hakim yang menyidangkan dua terpidana kasus korupsi E KTP, Irman dan Sugiharto. Pemeriksaan ini berkaitan dengan hilangnya nama Ketua DPR Setya Novanto dalam surat putusan keduanya, 20 Juli lalu.

Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari menyebut kasus ini menjadi perhatian serius lembaganya karena memengaruhi citra hakim yang menangani perkara.

“Kami akan pantau terus prosesnya karena ini bagian dari kasus yang menyita perhatian publik. Karena memang dari awal kami tugaskan kepada staf KY untuk memantau perkembangannya,” kata Aidul di Gedung Komisi Yudisial, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Aidul melanjutkan, pihaknya akan membentuk tim khusus yang menangani kasus ini. Nantinya mereka akan memeriksa saksi dan ahli.

“Kalau memang dibutuhkan hakim akan kami periksa,” tutur dia.

Nantinya, pemeriksaan ini akan memerlukan waktu 60 hari setelah laporan diterima.

“Kami lakukan pemeriksaan bukti termasuk kami analisis putusan, kemudian saksi, kalau ada perkembangan kami periksa hakim yang bersangkutan apakah ada pelanggaran atau tidak,” tutup dia.

Dalam sidang putusan pada tanggal 20 Juli 2017, hanya terdapat beberapa nama ‘kurang populer’ yang disebutkan turut menerima aliran dana megakorupsi e-KTP yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. Bahkan, nama Ketua DPR Setya Novanto yang kini menyandang status tersangka kasus ini tak disebut dalam putusan.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here