Home BERITA NIA Ajukan Red Notice ke Interpol untuk Zakir Naik

NIA Ajukan Red Notice ke Interpol untuk Zakir Naik

SHARE
Pendakwah Islam, Zakir Naik. (NET)

KRIMINALITAS.COM, India – Badan Investigasi Nasional (NIA) India terlah mengajukan permintaan resmi Red Notice ke Interpol untuk ulama kondang Zakir Naik, Kamis (18/5/2017).

Dilansir dari Times Of India, Jumat (19/5/2017), permintaan red notice terhadap Zakir Naik telah dipersiapkan dengan bukti secara merinci. Pengajuan red notice ini  tidak dapat dibantah dari pengadilan lantaran disetujui oleh kepala NIA, Sharad Kumar.

“Tiga panggilan dikeluarkan ke Naik tapi dia tidak merespons. Kami memiliki bukti kuat terhadap dia,” ujar seorang petugas.

Nantinya, bukti itu akan dibagikan ke pihak polisi internasional atau interpol. Jika red notice sudah dikeluarkan oleh badan polisi global, maka setiap agen internasional dapat menangkap Zakir Naik di mana saja ia berada, dan membawanya kembali ke India.

“Akan membuatnya menjadi buronan global dan agen mana pun dapat membawanya ke tahanan,” imbuhnya.

Sejak November tahun lalu, NIA telah menyelidiki kasus Zakir Naik atas kasus LSM IRF yang dikelola Zakir dan orang kepercayaan Naik.

Zakir Naik menghadapi beberapa tuduhan, yakni pidatonya yang provokatif, menghasut kekerasan, menyebarkan kebencian, mendanai teroris dan pencucian uang. Banyak sumber yang mengatakan jika Zakir sedang berada di Arab Saudi.

Direktorat Penegakan Hukum juga menyelidiki Zakir Naik dalam kasus pencucian uang. Sejak penyelidikan dimulai, NIA telah menemukan 37 properti milik Zakir Naik.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and SAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here