Home BERITA Nomor UU Pemilu Masih Misterius, Ini Penjelasan Mendagri

Nomor UU Pemilu Masih Misterius, Ini Penjelasan Mendagri

SHARE
Mendagri Tjahjo Kumolo
(Setkab)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Hingga saat ini pemerintah pusat belum mengeluarkan nomor surat Undang-Undang Pemilu yang sebelumnya telah diketuk palu di sidang Paripurna.

Melalui Kementerian Dalam Negeri, pemerintah saat ini mengaku hampir merampungkan syarat administrasi untuk benar-benar mengesahkan undang-undang yang akan digunakan pada pemilu serentak 2019 mendatang.

“Pansus sudah merapikan Undang-Undang beberapa hari lalu untuk diserahkan ke Presiden. Saya kira sudah enggak ada masalah,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Untuk mengeluarkan nomor Undang-Undang sepenuhnya sebagai kewenangan Sekretariat Negara (Setneg).

Selain itu, Tjahjo memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap bisa bekerja dalam menyiapkan prosedural pemilu 2019 mendatang meskipun UU belum secara keseluruhan bisa digunakan.

“Itu tidak memengaruhi kerja KPU ya karena sifatnya hanya redaksional. KPU bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Mudah-mudahan pekan depan UU sudah final dan ada nomornya,” tandasnya.

Diketahui, pengesahan UU Pemilu itu menjadi polemik hingga kini. Pasalnya, sebagian besar pihak tak setuju dengan besaran presidential threshold 20-25 persen.

Yang terbaru, Rhoma Irama selaku Ketua Umum Partai Idaman mengajukan permohonan uji materi atas UU tersebut. Salah satu yang diminta diuji adalah pasal soal presidential threshold.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here